English English Indonesian Indonesian
oleh

Asah Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Melalui PPL PPG

FAJAR, MAKASSAR— Sebagai kampus pencetak guru, Universitas Negeri Makassar (UNM) mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Terutama bagi mereka yang memilih Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Targetnya, mengembangkan kapasitas dan skill mahasiswa.

Ketua Prodi PPG UNM Dr Tangsi mengatakan mahasiswa melakukan PPL di sekolah-sekolah dasar di Makassar. Mereka
melakukan observasi tentang manajemen yang dilakukan oleh sekolah. Juga memahami budaya pendidikan dan pengajaran di sekolah dan leadership kepala sekolah.

Menurutnya, mahasiswa banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang budaya pedagogik sebagai bekal nantinya kelak setelah mereka mengabdi sebagai guru profesional sesuai tuntutan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

“Banyak hard skill yang di dapatkan oleh mahasiswa selama PPL, di antaranya kemampuan pedagogik mahasiswa semakin baik seperti kemampuan membuat perangkat pembelajaran semakin baik, rasa percaya diri berdiri dalam kelas semakin tumbuh,” ujarnya,

Dosen Pembimbing Lapangan, Ahmad Jamalong menambahkan, PPL yang dilaksanakan sejak April hingga Juni 2024, ini melibatkan calon guru profesional. Mereka sebelumnya mengajar di UPT SDN Garuda Makassar, total ada 24 orang yang mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNM. (wis)

News Feed