English English Indonesian Indonesian
oleh

23 Ribu Jemaah Gelombang  II Tiba di Madinah 

FAJAR, MADINAH-Sebanyak 23 ribu jemaah haji gelombang II telah memasuki Madinah. Hingga Minggu, 30 Juni 2024, tercatat sebagai hari keempat kedatangan jemaah.

“Hari ini merupakan hari keempat proses jemaah gelombang II masuk Madinah. Tercatat 60 kloter (kelompok terbang) atau lebih kurang 23.000 jemaah tiba di Madinah dari Makkah. Sejauh ini tidak ada kendala ditemui di tempat check point dokumen, semua berjalan lancar,” jelas Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Muhammad Ali Machzumi saat melakukan pemantauan di terminal Hijrah, Sabtu, 29 Juni 2024.

Dalam perjalanan menuju hotel di Madinah, jemaah kata Ali, mampir sejenak di terminal Hijrah namun mereka dilarang turun dari bus kecuali yang darurat untuk ke toilet. Kegiatan di Terminal Hijrah hanya pengecekan dokumen. “Jadi bus hanya berhenti sebentar. Tapi untuk check point kurang lebih hanya lima menit,” kata  Ali.

Di Terminal Hijrah, bus yang mengangkut jemaah haji secara bergiliran masuk ke check point. Di loket, pengemudi menyerahkan paspor kepada masyarik  Selanjutnya, masyarik  akan melakukan pengecekan. Kemudian bus langsung akan menuju hotel yang telah ditentukan untuk jemaah kloter tersebut. 

Menurut Ali, selama berada di Madinah jemaah haji akan difasilitasi akomodasi dan juga konsumsi secara penuh. Termasuk juga difasilitasi untuk melakukan ziarah ke Makam Rasulullah yaitu Raudah.  (er)

News Feed