English English Indonesian Indonesian
oleh

Zudan Dorong Pertanian Modern di Pinrang

PINRANG, FAJAR — Sulsel merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak petani milenial. Sangat potensial mendorong produksi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Sulsel berada pada peringkat tujuh dalam 10 provinsi di Indonesia dengan jumlah petani milenial 272.817.

Hasil Sensus Pertanian 2023 (ST2023) Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada 6,18 juta petani milenial di Indonesia pada tahun ini.

Angka tersebut sekitar 21,93 persen dari total petani di Indonesia sebanyak 28,19 juta orang.

Namun untuk Sulsel, petani milenial belum maksimal menggunakan teknologi digital. Hal tersebut berdasarkan data ST2023.

Petani milenial yang menggunakan teknologi digital hanya 175.732 orang sedangkan yang tidak menggunakan teknologi digital 97.085 orang
.
Melalui program Optimasi Lahan (Opla) Rawa di Sulsel, Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh mendorong agar petani menerapkan sistem moderenisasi.

Khususnya di Pinrang yang merupakan salah satu daerah lumbung padi.

“Jadi program-program Kementan kita terapkan penuh disini dan berharap nanti Sulsel menjadi pilot project pertanian dengan teknologi modern,” kata Zudan pada Pesta Panen di Kecamatan Lanrisang, Pinrang, Jumat, 28 Juni.

Dengan menerapkan moderenisasi dalam pertanian, tentu akan meningkatkan hasil panen yang berkali lipat.

“Ini hasil kerja bareng provinsi, Kodam, Kabupaten Pinrang, Kodim bersama seluruh jajaran, jadi ini kerja bareng kompak bersatu padu untuk mensukseskan program ketahanan pangan dan kedaulatan pangan,” tutur Zudan.

News Feed