English English Indonesian Indonesian
oleh

Wajah Lama vs Baru Pilkada Makassar: Ahmad Susanto hingga Rahman Pina Jadi Ancaman, Indira Disebut Kurang Pede

FAJAR, MAKASSAR — Sejumlah pendatang baru bakal calon wali kota Makassar, Sulsel, disebut bakal menjadi ancaman serius bagi wajah lama untuk masuk arena Pilkada 2024. Dua di antaranya adalah Ahmad Susanto dan Rahman Pina.

Hal itu mengemuka dalam acara Ngopi Sore Pilkada 2024 yang digelar Komunitas Jurnalis Politik (KJP) di Lapak Kopi Abangda Jl Letjen Hertasning, Makassar, Jumat, 28 Juni 2024.

Peneliti Smart Power Institute Andi Hasri dalam diskusi ini memaparkan, figur baru yang bakal ikut Pilkada Makassar 2024 tak boleh disepelehkan. Mererka dianggap menjadi tantangan serius bagi wajah lama.

Figur baru tersebut adalah Ahmad Susanto, mantan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa hingga Rahman Pina. Andi Hasri mengatakan, popularitas maupun elektabilitas menunjukkan tren positif.

“Pendatang baru ada Rahman Pina, Ahmad Susanto dan juga Andi Seto yang masuk dalam 10 besar. Tren surveinya cukup baik meski baru beberapa bulan bersoalialisasi, khususnya Ahmad Susanto,” kata Andi Hasri.

Andi Hasri berpendapat, hasil survei para figur pendatang baru masih bisa bertambah meskipun di mata publik maupun elite politik kurang diunggulkan.

Dia berkaca dari hasil survei calon legislatif pada awal Pemilu 2024, yang mana saat itu tingkat elektabilitas istri Ahmad Susanto, Rezky Nur di bawah satu persen. Namun belakangan berhasil terpilih ke DPRD Makassar.

“Seperti istri Ahmad Susanto yang kita pantau saat itu di awal-awal masih satu persen. Tapi berhasil duduk. Ini tidak lepas dari jaringan tim pemenangan dan tentunya basis finansial,” katanya.

News Feed