English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Adakan Kompetisi Kemaritiman Nasional, 14 Kampus Berpartisipasi

Pada pembukaan kegiatan, KKMN ini juga menyajikan kuliah umum oleh dua keynote speaker, yaitu Prof. Ronny Rachman Noor, Ph.D., dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA, Chairman Advisory Board MTRC sekaligus dosen di Unhas yang dimoderatori oleh Dr. Rahmat Hidayat, dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Prof. Ronny membahas mengenai kerentanan kemaritiman terhadap perubahan iklim dan diplomasi kemaritiman yang bertujuan untuk memanfaatkan posisi strategis Indonesia sebagai negara maritim guna membangun hubungan internasional yang kuat.

Sementara itu, Dr. Safri Burhanuddin menguraikan tentang pentingnya penggunaan teknologi tepat guna dan penguasaan perairan yang meliputi pemahaman, pemanfaatan bijak, serta perlindungan dan pelestarian sumber daya maritim untuk kesejahteraan rakyat yang berkelanjutan.

Kompetisi Kemaritiman Mahasiswa Nasional 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap isu-isu kemaritiman dan keberlanjutan, serta mendorong lahirnya ide-ide inovatif yang berkontribusi pada pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kompetisi ini juga diharapkan menjadi ajang untuk memfasilitasi kolaborasi dan penelitian bersama yang lebih mendalam terkait isu-isu tersebut. (*/)

News Feed