English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Adakan Kompetisi Kemaritiman Nasional, 14 Kampus Berpartisipasi

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Kompetisi Kemaritiman Mahasiswa Nasional (KKMN) yang berlangsung selama dua hari, 29 hingga 30 Juni 2024, di Aula LP2M Unhas. Kegiatan ini mengangkat tema “Menggagas Model Pembangunan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”.

Ketua Panitia, Dr Suhasman, SHut MSi yang juga Kepala Subdirektorat Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa Unhas menekankan bahwa meskipun para peserta datang berkompetisi, substansinya adalah untuk membangun jejaring dan kolaborasi antar mahasiswa dari berbagai daerah.

“Hampir 100 karya dari 17 perguruan tinggi diusulkan untuk kompetisi ini. Setelah melalui proses seleksi, sebanyak 39 tim dari 14 perguruan tinggi berhasil lolos ke tahap final yang dilaksanakan secara langsung di Universitas Hasanuddin.

Smeentara itu, Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini merupakan pelaksanaan KKMN yang ke-12. Konsep kompetisi ini mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya yang dikenal dengan nama Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM).

“Indonesia adalah negara maritim dengan potensi yang luar biasa. Namun, bagaimana proses ini bisa memberikan manfaat kepada bangsa kita? Bagaimana ekstraksi sumber daya alam berdampak dan menghasilkan kerusakan?” ujarnya.

Pada kesempatan ini Ia menekankan pentingnya perhatian generasi muda, khususnya mahasiswa, terhadap isu pembangunan berkelanjutan.

Kompetisi ini meliputi tiga kategori: lomba karya tulis (tema budaya kemaritiman, sumber daya kemaritiman, infrastruktur kemaritiman, diplomasi kemaritiman), lomba poster, dan lomba videografi.

News Feed