English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertamina Patra Niaga Sulawesi Sabet Delapan Penghargaan dalam Ajang ISRA 2024

Kemudian IT Gorontalo meraih Gold Award dengan kategori Economic Empowerment untuk Program Kail atau Komunitas Hasil Laut. FT Poso meraih Gold Award dengan kategori Economic Empowerment untuk Program Moengko Nursery House. Dan unit bisnis terakhir IT Bitung meraih Silver Award dengan kategori Gender Equality & Social Inclusion untuk Program Komunitas Tuli Peduli Bitung atau Kaleb.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, penghargaan ini merupakan salah satu bukti bahwa PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi selalu berkomitmen dalam menjalankan program CSR sebagai salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Hal ini juga sesuai dengan pemetaan sosial yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam melihat dan memetakan masalah-masalah sosial masyarakat yang ada.

“Melalui ajang penghargaan seperti ini, ini pun menjadi bentuk komitmen kami bahwa program-program pengembangan masyarakat yang kami inisiasi bersama para local hero di wilayah terdekat unit operasi diapresiasi serta menunjukkan bahwa program-program kami memiliki dampak sosial yang positif sehingga diharapkan kemandirian ekonomi sebagai salah satu indikator utama terwujud khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar unit operasi kami,” ujarnya.

Sekilas tentang Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Sulawesi di Ajang ISRA 2024

Pada ajang tersebut FT Parepare dengan Program malika merupakan salah satu program unggulan dengan fokus pengembangan pemanfaatan limbah peternakan sapi menjadi Energi Baru Terbarukan, yakni biogas. Di sisi lain reaktor biogas ini juga menghasilkan slurry yang dilakukan inovasi dan dimanfaatkan sebagai pupuk organik di sektor pertanian Bacukiki.
 
Pemanfaatan slurry ini setidaknya telah dirasakan oleh kelompok wanita tani yang ada di bacukiki, dan pendapatan petani meningkat rata-rata sebesar 73 persen. Selain itu program ini juga telah diukur dengan kajian Social Return On Investment (SROI) dan mendapatkan nilai SROI sebesar 2,759 yang artinya setiap investasi Rp1 terhadap program Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan dapat memberikan manfaat kepada penerima manfaat sebesar Rp2,759.
 
Unit bisnis Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi yang bergerak dibidang aviasi yaitu AFT Hasanuddin dengan Program Bioagraria Perhutanan Sosial Cindakko merupakan sebuah inovasi dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakat terhadap pengelolaan Sumber Daya Alam Kawasan Hutan di Cindakko dengan pendekatan lingkungan.

News Feed