English English Indonesian Indonesian
oleh

Kurs Dolar, Inflasi, dan Pinjaman Bank

Turn Over

Andaikan bisnis turn over atau perputarannya satu minggu sekali, berarti satu bulan menjadi 4 kali. Apabila keuntungan sekali turn over 3 persen, berarti satu bulan 12 persen, setahun 144 persen. Bunga pinjaman hanya 6-9 persen per tahun.

Belum lagi dengan adanya gonjang-ganjing moneter menimbulkan ketidakpastian berakibat pada merosotnya nilai rupiah dari Desember 2023 sampai dengan 28 Juni 2024, yakni 6,6 persen. Begitu banyaknya peluang keuntungan yang diperoleh para pengusaha saat menggunakan pinjaman bank seperti adanya inflasi 2,84 persen, kesempatan memperoleh laba sebesar 144 persen setahun, dan merosotnya nilai rupiah 6,6 persen.

Peluang sebesar ini harus diiringi dengan pelaksanaan cash flow yang disiplin dan sungguh-sungguh dipatuhi. Cash flow merupakan early warning atau diteksi dini pelaksanaan financial planning yang baik dalam mencapai target bisnis perusahaan.

Dengan cash flow, didapatkan informasi untuk dilakukan perbaikan secara cepat sehingga tidak terjadi distress financial dan distrust corporate agar tingkat kepercayaan perusahaan terjaga. Dengan cash flow juga dapat diketahui pada sektor mana, kapan terjadinya pemborosan sehingga secepatnya dapat dilakukan perubahan menuju efisiensi.

Cash flow dapat diketahui kapan perusahaan mengalami nett cash flow positif dan kapan nett cash flow negative. Ini diperlukan untuk mengoptimalkan kelebihan kas untuk pengembangan bisnis dan kapan perusahaan kekurangan kas. Hal ini ada kaitannya dengan kepercayaan investor terhadap perusahaan.

News Feed