English English Indonesian Indonesian
oleh

Bank Aktif Kembangkan UMKM

MAKASSAR, FAJAR–Bank bukan melulu soal uang. Membangun komunitas pasar-konsumen juga salah satu program sasaran.

Bank Syariah Indonesia (BSI), salah satunya. Bank pelat merah itu terus mendorong peningkatan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu dengan menghadirkan UMKM Center di beberapa wilayah di Indonesia.

UMKM Center ini juga sudah ada di Makassar. Rencananya akan diresmikan pada pertengahan Juli 2024. Persiapan sedang dilakukan BSI di wilayah Makassar. Rencana ini pun mendapat respons baik.

Pengamat Ekonomi dan UMKM Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Nur Bau Massepe menilai langkah yang dilakukan BSI sangat positif. Kini bank punya program khsusus untuk membina UMKM.

“BSI juga akan memperoleh manfaat karena UMKM bisnisnya bisa berkembang. Kredit mereka juga akan lancar,” urai Nur Bau Massepe kepada FAJAR, Jumat, 28 Juni.

Sebagai sebuah program baru, BSI di Makssar mesti membuat perencanaan matang. Kesinambungan program akan menjadi tolok ukur keberhasilan pada masa datang.

“Saran saya, pengelolaan UMKM Centre itu punya program pembinaan yang jelas. Misal kurikulum, ada mentor bisnis, dan pengelolaan UMKM Centre itu ada manajemennya bukan orang bank yang dikasih tugas tambahan,” sarannya.

Kota Keempat

UMKM Center di Makassar ini merupakan UMKM Center yang dimiliki BSI setelah di Aceh, Yogyakarta, dan Surabaya. Bahkan, di Aceh telah terlaksana BSI International Expo 2024 pada 20-23 Juni.

Corporate Secretary and Communication Group PT Bank Syariah Indonesia Tbk Wisnu Sunandar mengatakan kehadiran UMKM Center BSI adalah salah satu bentuk tindakan nyata dan konsistensi dari BSI dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia, bahkan tingkat pasar global.

News Feed