English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemkab Sidrap Godok Program USAID IUWASH Pasar

FAJAR, SIDRAP — Memperkuat sanitasi dan air minum aman, Pemerintah Kabupaten Sidrap melaksanakan Rapat Kerja Tahunan (RKT) program USAID IUWASH Pasar, Kamis, 27 Juni 2024.

RKT dibuka Penjabat Bupati Sidrap diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, H Siara Barang, berlangsung di Hadide Cafe and Resto, Kecamatan Maritengngae.

Kegiatan melibatkan berbagai OPD terkait, PDAM, perwakilan developer perumahan, serta anggota Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Sidrap.

Nur Aisyah Nasution, Koordinator Bidang Air Minum dan Sanitasi Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, turut dalam kegiatan ini.

Ia menjelaskan, USAID IUWASH Pasar merupakan program yang berfokus pada peningkatan akses ke air minum serta sanitasi yang aman dan sehat.

USAID merupakan singkatan dari United States Agency for International Development, sementara IUWASH bermakna Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene.

“Adapun pasar di sini tidak merujuk pada bangunan pasar secara fisik. Tapi padanan kata ‘market’, artinya program ini melibatkan berbagai pihak swasta yang menawarkan jasa dalam akses air minum dan sanitasi,” papar Aisyah.

Sementara Chief of Party USAID IUWASH Pasar, Anna Rinto Juliasyuti mengutarakan, selain mendorong akses air minum dan sanitasi aman, program tersebut juga memiliki keuntungan lain.

“Program ini melibatkan sektor usaha, khususnya pengusaha lokal yang menawarkan produk sanitasi aman. Sehingga akan berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat,” lontarnya.

News Feed