English English Indonesian Indonesian
oleh

PDN Diretas, Sukamta: Kalau tidak Merasa Bersalah, Berarti Ada yang Sakit dengan Penyelenggara Negara

FAJAR, JAKARTA—Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menegaskan, masalah peretasan data di Pusat Data Nasional (PDN) harus diselesaikan.

Makanya, ia mengusulkan agar Pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus.

“Kalau negara kita tidak merasa perlu membentuk Satgas dan tidak merasa bersalah, negara ini, atas kehilangan data ini, berarti ada yang sakit dengan penyelenggara negara,” kata Sukamta dikutip dari situs DPR.

Peretasan data nasional menurutnya merupakan persoalan yang sangat serius. Ia pun berharap pemerintah dan rekan-rekan di Komisi I menyetujui usulan tersebut.

“Kalau perlu nanti Komisi I sebagai (tanda sebelum) say good bye, dari periode ini, masih ada beberapa bulan lagi, kita buat Pansus (Panitia Khusus). Pansus khusus untuk PDN ini. Karena ini persoalan yang sangat, sangat, sangat serius sekali, soal keamanan nasional,” ujarnya.

Politisi Fraksi PKS ini menjelaskan, Satgas harus diisi tidak hanya oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kemenkominfo. Namun juga perlu diisi oleh para profesional hingga ahli keamanan siber.

“Unsurnya jangan Kominfo dan BSSN saja. Tapi ada profesional, akademisi, orang yang ahli cyber security, yang juga ahli untuk membenahi tata kelola dan infrastruktur PDN-nya,” ujar Sukamta.

PDN mengalami serangan pada Kamis (20/6/2024). Serangan itu tidak hanya mengakibatkan gangguan terhadap sejumlah layanan, tetapi membuat lebih dari 200 data milik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di PDN terkunci dan tersandera peretas. (amr)

News Feed