English English Indonesian Indonesian
oleh

Latihan Militer Terbesar di Dunia Dimulai di Kawasan Asia Pasifik yang Semakin Tegang

Angkatan Laut Kerajaan Malaysia ikut serta dalam latihan tersebut meskipun ada seruan dari LSM agar mereka mundur karena partisipasi militer Israel.

Menurut juru bicara RIMPAC, RIMPAC 2024 akan menekankan fase taktis yang kuat dan kompleks, operasi kemanusiaan dan bantuan bencana yang komprehensif, dan peperangan multi-domain yang terintegrasi.

RIMPAC tahun ini diadakan di tengah meningkatnya ketegangan regional. AS telah memperkuat kemitraan multilateral antar kawasan, membuat perjanjian pertahanan baru, dan mengembangkan kapasitas militernya di Asia Pasifik, sementara Tiongkok telah meningkatkan latihan militernya di sekitar Taiwan dan berulang kali bentrok dengan Filipina di pulau-pulau dan perairan dangkal yang disengketakan di Laut Cina Selatan. .

Rusia juga menjadi lebih aktif di kawasan ini. Dalam dua bulan terakhir, Presiden Vladimir Putin melakukan kunjungan penting ke Tiongkok, Korea Utara dan Vietnam, mencari dukungan untuk invasi besar-besaran ke Ukraina dan menandatangani pakta pertahanan dengan Pyongyang yang menandai era baru ekonomi, politik dan ekonomi yang lebih besar. kerja sama militer.

Hanya beberapa hari sebelum RIMPAC, AS melakukan latihan pengeboman strategis, mengirimkan kapal induk bertenaga nuklir ke Semenanjung Korea, dan melakukan latihan pertempuran di sekitar Taiwan dan Laut Cina Selatan bersama sekutunya. (amr)

News Feed