English English Indonesian Indonesian
oleh

Verifikasi Faktual Transparan, Orang Tua Calon Siswa Beri Pujian ke Panitia PPDB SMAN 1 Makassar

Anindya Queenza Mughni memiliki presentasi basket berjenjang cabang olahraga bola basket, yaitu Pekan Olahraga Kota (Porkot) Makassar dan Kejuaraan antar SMP se-Sulsel dan Sulselbar, serta Kejuaraan Nasional KU-14.

Verifikator SMAN 1 Makassar, Rahmat Akbar, mengakui, pihaknya sudah melaksanakan verifikasi faktual PPDB SMAN 1 Makassar, Kamis, 27 Juni 2024.

“Kami laksanakan sesuai Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK/SLB Provinsi Sulsel Tahun Ajaran 2024/2025 dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulsel. Ada dua tahapan yang harus dilalui, pertama cek validasi bukti kuat yang dilampirkan (verifikasi administrasi) dan kedua dilakukan pengecekan langsung kepada atlet atau calon peserta didik (verifikasi faktual),” beber Rahmat, Jumat, 28 Juni 2024.

“Verifikasinya dilakukan dengan melihat berkas prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai rapor dan prestasi bidang akademik lainnya. Semua berkas asli yang dilengkapi dengan akta kelahiran dan kartu keluarga. Khusus untuk non akademik, dilakukan verifikasi faktual dengan memanggil orang yang ahli dalam bidangnya. Misalnya prestasi olahraga karate, dihadirkan atlet dan profesional dalam bidang itu,” sambungnya.

Kepala SMAN 1 Makassar, Sulihin Mustafa, menjelaskan, sesuai aturan yang ada dalam Petunjuk Teknis PPDB SMA/SMK/SLB Provinsi Sulsel Tahun Ajaran 2024/2025 dari Dinas Pendidikan Sulsel, maka jalur prestasi ini, dilakukan verifikasi faktual atas keterangan prestasi yang dilampirkan, seperti sertifikat prestasi akademik dan nonakademik.

Menurutnya, panitia PPDB juga melakukan verikasi secara seksama untuk persyaratan lainnya, seperti akta lahir, kartu keluarga (barcode aktif), dan rapor semester 1-5.

News Feed