English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertahankan Akbar Tanjung

Berdasarkan klausul yang dirilis situs transfermarkt, nilai pasar pemain berpostur 186 cm itu mencapai Rp3,84 miliar. Dia awal datang ke PSM pada 31 Mei 2022 dari PSIM Yogyakarta. Kemudian pada 19 Juni 2024 kontraknya diperbaharui sampai tahun 2025 mendatang.

Keputusan ini terbilang efektif dan tepat bagi PSM. Mengingat, statistik AkbarTanjung cukup mengesankan. Dia tidak hanya stag menjadi gelandang jangkar, tetapi pro aktif membantu serangan dan pertahanan.

Dalam sisi serangan, dia tercatat melepaskan lima kali shot di Liga 1 dengan dua assist. Kemudian, dia juga mennorehkan 488 passing sukses dari total passing yang dia lepaskan sebanyak 634 kali.

Dari sisi bertahan, Akbar mencatatkan 30 tekel, 48 intersep, 21 clearance, 43 pelanggaran dan tiga kartu kuning. Tentu ini menjadi catatan gemilang bagi seorang jangkar.

Permainannya menjadi salah satu penentu hasil perandingan. Dia tampil agresif, seperti jangkar baja yang mengontrol lini tengah, memutus serangan lawan sebelum ke barisan pertahanan. Dengan begitu, sangat patut jika dia dipertahankan.

”Pasti (dipertahankan) karena rekomendasi pelatih. Kontribusi ke tim juga cukup besar. Buktinya dia salah satu pemain dengan menit bermain yang paling banyak,” tuturnya.

Para supporter juga turut memberikan dukungan kepada manajemen atas perpanjangan kontrak AkbarTanjung. Itu diungkapkan salah satu supporter PSM, Husnil Mubarak.

”Sudah paling pas itu kalau PSM pertahankan AkbarTanjung. Dia kuat di tengah, apalagi kalau duet sama Arfan, kita tidak khawatir lagi lini tengah ke belakang,” ungkapnya.

News Feed