English English Indonesian Indonesian
oleh

Business Matching 2024: Ajang Merekatkan Satuan Pendidikan Vokasi dengan Industri di Sultanbatara

FAJAR, MAKASSAR-Business Matching adalah sebuah pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra distribusi, calon mitra pemasok, calon mitra pendanaan, dan juga calon mitra investor.

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi memfasilitasi kegiatan Business Matching 2024 yang terselenggara di Mercure Hotel, Jalan AP Pettarani Makassar, pada Kamis, 27 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan program penguatan ekosistem kemitraan untuk pengembangan inovasi berbasis potensi daerah, yang diinisiasi oleh konsorsium perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV) Sulselbar dan Tenggara.

Sementara itu, Mewakili Dirjen Diksi, yakni Tim Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Kemendikbudristek, Hedy R Agah mengatakan, busines matching menjadi trigger (pemicu) memperkenalkan program pemerintah melalui satuan pendidikan vokasi dengan industri kemitraan di wilayah Sultanbatara.

“Kita bagian dari pemerintah mendukung ekosistem kemitraan,” ucap Hedy R Agah.

Ketua Konsorsium PTPPV, Dr. Eng. Baso Nasrullah juga mengapresiasi kehadiran Forkopimda Sulsel, satuan pendidikan vokasi, dan seluruh mitra industri dalam kegiatan ini. Ini adalah awal dari upaya untuk mentransformasi pendidikan vokasi agar sesuai dengan kebutuhan industri.

“Business Matching menjadi langkah progresif dalam mewujudkan hal tersebut,” ungkap lulusan doktoral dari Ehime University Jepang ini.

Direktur Politani Pangkep, Dr. Ir. Darmawan, mengingatkan perlunya mengelaborasi potensi daerah khususnya di wilayah Sutanbatara yang terkenal dengan industri perdagangan, pertanian, pertambangan, dan lainnya. “Kita harus mampu meyakinkan dunia industri bahwa potensi daerah kita sangat kaya,” sambutnya.

Penjabat Gubernur Sulsel yang diwakili Dr. Since Erna Lamba, S.P., M.P., menyampaikan dukungan penuh pemerintah Sulsel terhadap kegiatan Business Matching sekaligus penandatanganan LoI/MoU/PKS/MoA untuk seluruh unit terkait.

“Pemprov Sulsel mengajak untuk berkolaborasi lebih intens,” sambut Plh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini.

Kegiatan sesi pertama juga diisi dengan presentasi DUDI dan diskusi best practice research collaboration dari Direktur PT Sentra Tani Sejahtera serta materi Business Matching (bursa mitra kerja) dari Dr. Ir. Isminarti. (*)

News Feed