English English Indonesian Indonesian
oleh

Sayangkan Ada Transit di Madinah, Timwas Haji DPR Harap Kepulangan Jemaah Haji tak Terlambat

FAJAR, MAKKAH—Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI meminta Kementerian Agama (Kemenag) memastikan kepulangan para jemaah dari Arab Saudi tidak mengalami keterlambatan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini juga menekankan pentingnya pelayanan yang maksimal bagi para jemaah yang akan kembali ke Tanah Air.

“Kami ingin memastikan bahwa pelayanan kepada mereka selama di Madinah betul-betul dilayani sebaik-baiknya,” kata Kang Ace dikutip dari dpr.go.id, Rabu (26/6/2024).

Penurunan kualitas pelayanan setelah puncak ibadah haji selesai berpotensi terjadi. Makanya, ia menegaskan bahwa Timwas DPR meminta Kemenag untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada jemaah haji yang tiba di Madinah pasca-puncak haji.

“Karena biasanya setelah puncak ibadah haji, pelayanan menjadi berkurang. Kami ingin memastikan pelayanan tetap dilakukan secara prima kepada jemaah haji yang tiba di Madinah pasca-puncak ibadah haji,” lanjut Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Kang Ace juga menyoroti perubahan rute kepulangan jemaah haji Indonesia tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebagian jemaah haji tahun ini pulang ke Tanah Air tidak melalui Jeddah, melainkan melalui Madinah.

“Menurut laporan Direktur Pelayanan Dalam Negeri, ada keterlambatan dalam mengurus kepulangan jemaah haji yang seharusnya dari Jeddah akhirnya dari Madinah,” kata Kang Ace.

Adanya sebagian jemaah haji yang harus transit terlebih dahulu di Madinah setelah dari Makkah sebelum kembali ke Indonesia. Kang Ace menilai hal ini kurang efisien. Makanya, ia menyayangkan kejadian itu.

News Feed