English English Indonesian Indonesian
oleh

Tabungan Terjamin LPS, Jangan Takut Menabung

MAKASSAR, FAJAR – Tabungan tak akan hilang. Ada LPS yang menjaminnya.

Masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, kini tidak perlu takut lagi untuk menabung di bank. Sebab, tabungan mereka sudah dijamin aman. Bahkan jika bank yang ditempati menabung, bermasalah.

Keamanan tabungan nasabah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saat ini LPS sudah hadir di Makassar untuk menkover keamanan tabungan nasabah di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

LPS Makassar siap mengakomodasi semua nasabah untuk penjaminan simpanan. Masyarakat diminta untuk datang langsung ke kantor LPS jika ragu simpanan tak aman.

”Sekarang LPS sudah hadir di Makassar, jadi lebih dekat dengan masyarakat dan warga Kota Makassar. Silakan datang langsung ke kantor LPS, di lantai 17 Gedung Graha Pena. Itu supaya mereka lebih yakin tabungannya aman di bank,” ujar Kepala Kantor Perwakilan LPS Makassar Fuad Zain kepada FAJAR, Senin, 24 Juni.

Untuk para nasabah yang ingin dijamin simpanannya, harus memenuhi syarat yang berlaku. Setidaknya, ada tiga syarat dasar yang harus terpenuhi.

”LPS itu menerapkan syarat 3T, yaitu tercatat dalam pembukuan bank, tingkat bunga simpanan tidak melampaui tingkat bunga penjaminan LPS, dan tidak terindikasi melakukan fraud (kecurangan),” jelasnya.

Sementara untuk bunga penjaminannya sendiri berbeda-beda. Itu akan disesuaikan dengan bank dan jenis tabungan masyarakat. Karena ada perbedaan bunga antara bank umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dan lainnya.

”Kalau bank umum itu 4,25 persen, deposito BPR 6,75 persen, ada juga untuk valuta asing (valas) sebesar 2,25 persen,” tutur Zain.

News Feed