English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Belanda vs Austria: Belum Bisa Bersantai

FAJAR, BERLIN—Belanda akan memainkan laga terakhir Grup D menghadapi Austria, malam nanti. Meski sudah memastikan tempat di fase knockout sebelum kickoff, tapi Tim Oranye belum bisa bersantai.

Kemenangan masih dibutuhkan Belanda di Olympiastadion, Berlin untuk menjaga posisi mereka di puncak klasemen. Sebagai juara grup, mereka jelas akan mendapat lawan yang lebih enteng di babak 16 besar.

Sebaliknya, kalau mereka kalah dan jadi tim peringkat ketiga, masalah Belanda akan besar. Pasalnya, mereka boleh jadi akan bertemu Inggris atau Spanyol di babak berikutnya.

Sebagaimana skema turnamen, tim peringkat ketiga Grup D akan berhadapan dengan pemenang Grup Grup C, Grup B, atau opsi terakhir Grup E.  

Selain Spanyol yang sudah pasti juara Grup B, Inggris juga kandidat kuat pemuncak Grup C. Sementara di Grup E yang peluangnya sangat kecil menjadi lawan tim peringkat ketiga Grup D, empat negara masih berpeluang finis teratas.

Makanya, kubu Belanda sudah menyuarakan bahwa laga kontra Austria ini mesti mereka menangkan. Paling tidak, itu akan menjamin mereka finis sebagai runner up dan akan berhadapan dengan runner up Grup E yang pasti sedikit lebih mudah.

“Tentu saja kami ingin menjadi juara grup, dan jika kami menang [melawan Austria] kami memiliki peluang bagus untuk melakukannya. Ada semangat yang luar biasa di dalam tim, dan kami semua sangat positif dan menantikan pertandingan ini,” kata kiper Belanda, Bart Verbruggen kepada EURO2024.com.

Tapi Austria yang menang 3-1 atas Polandia di laga terakhir tidak akan memberi mereka karpet merah. Seperti halnya Belanda, Austria juga membutuhkan hasil positif. Apalagi, Austria dengan poin tiga belum mengamankan tiket fase knockout.

News Feed