English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI Kejar Akreditasi Internasional

FAJAR, MAKASSAR— Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memiliki sejumlah capaian membanggakan yang mengantarnya menjadi salah satu PTS terbaik di Indonesia Timur. Salah satunya menjadi kampus yang terakreditasi unggul. Ke depan, UMI menarget bisa meraih akreditasi internasional.

Hal tersebut diungkap Rektor UMI Makassar, prof Sufirman Rahman pada puncak peringatan Milad ke-70 UMI di Auditorium Al-Jibra, Minggu, 23 Juni 2024. Sufirman mengawali pemaparan beberapa capaian UMI selama ini, termasuk capaian Internasional.

Di antaranya kolaborasi dengan beberapa universitas luar negeri, memenangkan lomba-lomba, hingga saat ini sudah menuju akreditasi internasional. “UMI mencatat prestasi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di luar Pulau Jawa yang memperoleh Nilai Akreditasi Institusi Unggul ,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, salah satu ikhtiar yang juga telah dilakukan, agar UMI bisa mendapatkan pengakuan atau akreditasi internasional, terutama kepada sejumlah program studi yang telah terakreditasi Unggul. Beberapa kebijakan maupun program dimasifkan untuk meraih target-target yang lebih besar lagi ke depan.

Antara lain; kian massif melakuan pengembangan jejaring akademik internasional yang diperkuat dengan kolaborasi Bersama akademisi kelas dunia untuk menghasilkan temuan-temuan baru. UMI juga telah mengimplementasikan Program Pembelajaran Hybrid Learning dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Hal itu, kata dia, merupakan implementasi dari kebijakan Kemenristekdikti dalam pembangunan universitas siber (Smart University). Selain itu, para dosen, mahasiswa, maupun lulusan yang dicetak dituntut untuk dapat beradaptasi dalam menghadapi segala bentuk perubahan.

News Feed