English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Brasil vs Kosta Rika: Siapkan Pesta

FAJAR, CALIFORNIA,—Tidak ada alasan bagi Brasil untuk terganjal di laga pertama Grup D Copa America 2024, besok pagi. Let’s party Selecao!

Meski tak bisa diberi label David versus Goliath, laga di SoFi Stadium, Inglewood, California, ini jelas menempatkan Brasil sebagai favorit utama. Bicara rangking FIFA, Tim Samba unggul jauh. Begitu pula dengan head to head.

Sejak pertemuan pertama kedua negara di Pan American Championship 1956  yang dimenangi Brasil dengan skor 7-1, pemilk sembilan gelar Copa America itu begitu superior atas Kosta Rika.

Mereka menyapu bersih kemenangan di enam pertemuan terakhir. Termasuk kemenangan 2-0 di fase grup Piala Dunia 2018 yang jadi duel teranyar mereka serta keunggulan 4-0 dan 5-0  pada pertemuan di Copa America 2004 dan 1997.

Kosta Rika sebenarnya juga pernah mengalahkan Brasil dalam dua kesempatan. Akan tetapi itu sudah terjadi puluhan tahun lalu  Mereka menang 3-0 pada Pan American Championship 1960 lalu unggul 2-0 di Korea Cup 1995.

Makanya, bisa dimaklumi jika Brasil sangat percaya diri menyambut pertandingan ini. Apalagi, mereka datang ke turnamen dengan bintang-bintang muda klub top Eropa yang lebih enerjik dan punya ambisi besar.

Pelatih Brasil, Dorival Junior juga sudah menegaskan bahwa ini adalah turnamen istimewa dan ia berharap mereka bisa mendapatkan hasil terbaik sejak laga pertama.

“Saya yakin ini adalah turnamen yang spesial, sangat penting, karena saya melihat, selama dua tahun ini (menuju Piala Dunia 2026), semua orang akan diawasi, terlepas dari apakah mereka tampil atau tidak,” tegasnya di situs CBF.

News Feed