English English Indonesian Indonesian
oleh

Ninuk Zudan Apresiasi Eksistensi Pusat Layanan Rehabilitasi Sosial Anak Inang Matutu

MAKASSAR, FAJAR — Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan, Ninuk Triyanti Zudan, mengunjungi pusat pelayanan rehabilitasi sosial pada anak, UPT Inang Matutu, di Jalan Tamalate, Kota Makassar, Senin, 24 Juni 2024. Diketahui, UPT Inang Matutu berada dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan ini, Ninuk Zudan didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal, meninjau sejumlah fasilitas yang dimiliki UPT Inang Matutu. Seperti ruang kelas, ruang makan, dan fasilitas bermain.

Ia juga berinteraksi dan bermain bersama dengan anak-anak binaan UPT Inang Matutu, yang diantaranya menderita gangguan psikologis. Seperti tantrum ringan hingga speech delay.

Ninuk Zudan mengapresiasi keberadaan UPT Inang Matutu untuk membantu anak-anak yang membutuhkan rehabilitasi sosial. Ia juga berharap, kapasitas yang saat ini hanya 65 orang, bisa ditambah. Apalagi, setelah mendengar laporan bahwa banyak yang antri untuk mendapatkan pelayanan di UPT Inang Matutu.

“Sekarang kapasitasnya 65 orang, semoga bisa ditambah lagi, apalagi banyak yang sudah antri untuk masuk,” kata Ninuk Zudan.

Isteri Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh ini juga meminta agar UPT Inang Matutu mendata seluruh alumni, mengingat UPT Inang Matutu sudah berusia hampir 50 tahun.

“Alumni yang sudah berhasil, misalnya ada yang jadi dokter, psikolog, guru, atau profesi apapun itu, diajak untuk ikut membantu anak-anak kita disini,” kata Ninuk Zudan.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal, melaporkan, UPT Inang Matutu memiliki 16 pekerja sosial yang bertugas mengasuh 65 anak binaan. Inang Matutu ini berbeda dengan PAUD atau TK pada umumnya, karena merupakan pusat rehabilitasi sosial pada anak.

News Feed