English English Indonesian Indonesian
oleh

Kutukan Ronaldo tak Bisa Jebol Gawang Turki Berlanjut, Pelatih Portugal Bilang Begini

FAJAR, DORTMUND—Portugal menggasak Turki tiga gol tanpa balas dalam laga kedua Grup F Piala Eropa hari ini. Sekali lagi, tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam daftar penjebol gawang Turki.

Tiga gol Portugal di laga ini dicetak Bernardo Silva dan Bruno Fernandes serta bunuh diri Samet Akaydin.

Dengan demikian, Ronaldo belum mampu pecah telur di EURO 2024 ini. Selain itu, ia melanjutkan kutukan tak pernah menjebol gawang Turki.

Sebelum laga di BVB Stadion Dortmund ini, Ronaldo yang saat ini menjadi top skor internasional dengan 130 gol sudah menghadapi Turki tiga kali.

Pertemuan pertama terjadi di Piala Eropa 2008 yang berlangsung di Jenewa Swiss. Saat itu, Portugal menang 2-0, namun Ronaldo yang tampil penuh tak mampu menaklukkan kiper Turki, Volkan Demirel. Pada laga itu, upaya CR7 hanya mampu menghajar tiang gawang di babak pertama.

Empat tahun kemudian, dalam persiapan menuju EURO 2012, daya ledak Ronaldo kembali diredam Turki di Estadio da Luz yang penuh sesak penonton. Ronaldo dan kawan-kawan kalah 1-3.

Di pertandingan itu, Ronaldo yang sudah mengoyak gawang 47 negara sepanjang kariernya kembali melewatkan peluang menggetarkan jalan gawang Turki. Tendangan penaltinya di laga itu digagalkan Volkan Demirel..

Sementara pada pertemuan ketiga di semifinal playoff Piala Dunia 2022 di Estádio do Dragão, Ronaldo kembali berhasil dijinakkan penjaga gawang Turki, Ugurcan Cakir. Kemenangan 3-1 Portugal di laga itu ditentukan oleh gol-gol Otavio, Diogo Jota, dan Matheus Nunes.

Tapi Pelatih Portugal, Roberto Martínez tetap memuji CR7. Khususnya karena untuk keputusan sang kapten memberikan bola kepada Bruno Fernandes untuk gol ketiga mereka di menit ke-56.

News Feed