English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Meksiko vs Jamaika: Menjaga Dominasi

FAJAR, TEXAS—Meksiko akan mengawali Copa America 2024 menghadapi Jamaika di NRG Stadium, Houston, Texas, besok pagi. Tradisi bagus menghadapi Jamaika jadi modal El Tri.

Sejak kekalahan 0-1 di Rose Bowl, Pasadena pada laga semifinal Piala Emas CONCACAF 2017  silam, Meksiko memang sangat dominan atas Reggae Boyz, julukan timnas Jamaika.

Dari lima pertemuan, Meksiko menang tiga kali dan tanpa menelan satu pun kekalahan. Paling anyar, di semifinal Piala Emas CONCACAF 2023, Meksiko menggulung Jamaika tiga gol tanpa balas.

Makanya, terlepas bahwa Meksiko berangkat ke turnamen ini dengan bekal kekalahan 0-4 dari Uruguay dan 2-3 kontra Brasil mereka tetap percaya diri. Apalagi, mereka jauh lebih berpengalaman di turnamen ini ketimbang lawan mereka.

Meksiko seperti diketahui merupakan finalis Copa America 1999 di mana mereka saat itu kalah dari Argentina di partai puncak. Selain itu, mereka juga mencapai semifinal pada tahun 1997 dan 2007.

Pada penampilan terakhir El Tri di Copa America 2016, mereka melaju hingga ke babak perempat final. Sebaliknya, Jamaika yang berpartisipasi untuk kali ketiga di Copa America  belum pernah memenangkan satu pun pertandingan di turnamen ini.

Setelah penampilan mengecewakan di Piala Dunia terakhir dan di CONCACAF Nations League, Pelatih Meksiko Jaime Lozano membawa banyak wajah baru di Copa America ini.

Dia melakukan apa yang diminta banyak orang: yakni memberi kesempatan kepada pemain baru untuk menunjukkan kemampuan. Sementara nama-nama seperti Guillermo Ochoa, Hirving Lozano,  Raúl Jiménez hingga Henry Martín dicoret.

News Feed