English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Belanda vs Prancis: Tanda Tanya Mbappe

FAJAR, LEIPZIG—Belanda akan menantang Prancis di laga kedua Grup D Piala Eropa 2024, dini hari nanti. Kesiapan Kylian Mbappe masih tanda tanya dan Belanda harus memanfaatkan momentum untuk mengakhiri dominasi Les Blues.

Mbappe mengalami patah hidung saat Prancis mengalahkan Austria di laga perdana. Meski ia dilaporkan masih bisa tampil di sisa turnamen dengan menggunakan masker, sang kapten belum bisa dipastikan bisa bermain di Leipzig Stadium.

Sebagai gantinya jika Mbappe absen, Pelatih Prancis, Didier Deschamps akan memainkan bomber veteran, Olivier Giroud. Dengan Giroud juga baru pulih dalam masalah pada pangkal pahanya, daya ledak finalis Piala Dunia 2020 itu jelas akan sedikit menurun.

Makanya, setelah kalah tujuh kali dari delapan duel terakhir, Belanda kini punya kesempatan membalas sang rival meski mereka juga kehilangan gelandang Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners menjelang bergulirnya turnamen ini.

Belanda memulai turnamen dengan kemenangan 2-1 atas Polandia. Mereka sempat tertinggal terlebih dulu sebelum Cody Gakpo dan Wout Weghorst membuat De Oranje bisa bangkit dan membalikkan keadaan.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman menegaskan, walaupun harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk mengalahkan Polandia, ia puas dengan performa anak asuhnya. Ia juga memastikan timnya siap meladeni Prancis.

“Seharusnya skor menjadi 4-1 untuk kami setelah satu jam. Kami bermain sangat baik tetapi kami tidak bisa mencetak gol,” kata Koeman dikutip dari Simbaforkids.

Weghorst, Jeremie Frimpong, dan Donyell Malen tampil mengesankan sebagai pemain pengganti di akhir pertandingan. Tapi Koeman tidak yakin akan melakukan perubahan. “Saya tidak tahu susunan pemain untuk pertandingan berikutnya,” ujarnya.

News Feed