English English Indonesian Indonesian
oleh

Bentuk Organisasi Finec, SMAIT Al-Fityan Gelar Rekrutmen dan Diklat Jurnalistik

FAJAR, GOWA – Mengasah bakat murid dalam bidang jurnalistik, SMAIT Al-Fityan School Gowa mengadakan pelatihan jurnalistik pada Kamis-Jumat, 20-21 Juni 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meresmikan organisasi jurnalistik sekolah tersebut sekaligus merekrut anggota untuk Finec (Fityan News & Editorial Club). Pelatihan yang berlangsung di gedung B SMAIT Al-Fityan School Gowa, yang juga dikenal dengan julukan gedung Ikhwan.

Pembina Finec, Fahima Dzakiyah, menyatakan bahwa organisasi ini dibentuk untuk mengasah bakat, minat, dan pengetahuan siswa dalam menulis serta melaporkan berita. “Termasuk untuk merekrut dan menyeleksi siswa yang tertarik dalam organisasi jurnalistik,” paparnya.

Kepala Sekolah SMAIT Al-Fityan, Ustad Hairil Takbir, menyampaikan bahwa para siswa yang akan bergabung di Finec akan melakukan berbagai kegiatan selama diklat. Dengan terbentuknya organisasi Finec, para siswa diharapkan dapat lolos seleksi dan berkontribusi positif baik di sekolah maupun di masyarakat. “Semoga para siswa yang terseleksi dapat memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan masyarakat,” harapnya.

Rekrutmen dan diklat jurnalistik yang diikuti para siswa ini mendapatkan banyak motivasi serta dukungan penuh dari sekolah agar tetap semangat dan maju dalam membangun Organisasi Jurnalistik Finec. Diklat jurnalistik ini memainkan peran penting dalam mengembangkan berbagai keterampilan yang bermanfaat bagi siswa dan individu yang tertarik dengan dunia jurnalistik.

Adapun materi pelatihan meliputi dasar-dasar jurnalistik, teknik peliputan berita dan wawancara, serta praktik liputan. Peserta diberi pemahaman terkait informasi yang termasuk dalam berita dan nilai berita, yaitu kelayakan berita dilihat dari aspek seperti kecepatan, kedekatan, kepentingan, dampak, ketokohan, dan keunikan. Begitu pula dengan unsur berita 5W + 1H, yaitu Who, What, When, Where, Why, dan How. Melalui latihan juga wawancara, peserta belajar bagaimana mengajukan pertanyaan yang tepat dan mendalam, serta bagaimana mendengarkan dan merespons dengan baik. (*/)

News Feed