English English Indonesian Indonesian
oleh

Poltekpar Buka Kategori Tunarungu pada Jalur Mandiri

FAJAR, MAKASSAR—Setelah Seleksi Masuk Bersama (SBM) kelar, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi mandiri Masuk (SMM). Menariknya, tahun ini dibuka jalur khusus untuk penyandang tunarungu.

Pendaftaran berlangsung hingga 6 Juli 2024. Pada jalur ini terdapat sembilan pilihan kategori seleksi masuk yang dapat dipilih yakni Kategori Umum, Prestasi, Wirausaha, Kerjasama, Dudika, Pemberdayaan Masyarakat, Rekognisi Pembelajaran Masa Lampau (RPL), dan Disabilitas (Tunarungu)

Direktur Poltekpar Makassar, Dr. Herry Rachmat Widjaja, MM.Par., CHE. mengatakan pembukaan untuk kategori disabilitas pada jalur mandiri ini, untuk memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat, khususnya bagi tuna rungu agar bisa mengakses pendidikan tinggi.

“Agar mereka juga bisa mengenyam pendidikan di bidang pariwisata dan perhotelan. Kategori ini adalah bentuk akomodasi terhadap keberagaman kebutuhan calon mahasiswa disabilitas,” tuturnya.

Walaupun kategori ini baru dibuka secara khusus, namun sejak 2016 Poltekpar Makassar sudah menerima beberapa mahasiswa penyandang disabilitas tunarungu.

“Saat ini masih ada yang aktif berkuliah dan beberapa diantaranya telah berhasil menyelesaikan studi dan telah berkarier di berbagai bidang” ujarnya.

Herry menambahkan, tahun ini pihaknya memberi kuota 600 orang untuk maba. Dari jalur SMM, jumlah mahasiswa yang akan diterima berkisar 40 persen dari kuota yang tersedia. “Pendistribusian 40 persen kuota jalur SMM tersebut, disesuaikan dengan kapasitas dan daya tampung masing-masing program studi,” jelasnya.

News Feed