English English Indonesian Indonesian
oleh

Keren! Makassar Satu-satunya di Indonesia Jadi Kota Terbahagia di Dunia

FAJAR, MAKASAR — Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Terbahagia di dunia.

Predikat itu berdasarkan Happy City Index, yang mana menempatkan Makassar di rangking 234 dari 250 kota di seluruh dunia sebagai kota ter-happy.

Dari posisi itu, Kota Daeng memperoleh medali bronze dari tiga label yakni Gold dan Silver.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan kesyukuran karena Makassar sudah dapat tiga kategori secara internasional Makassar masuk di dalamnya. Pertama, City Indeks pada posisi 157 di dunia.

Kedua, Smart City Indeks masuk pada posisi 115 di dunia, dan ketiga adalah Happiness Indeks masuk sebagai salah satu dari 250 kota di dunia dari 10 ribu yang dianggap sebagai kota terbahagia.

“Dan satu-satunya dari Indonesia ialah Makassar. Lebih bagus dari beberapa kota di dunia,” kata Danny, sapaannya, diwawancarai usai Rapat Koordinasi Lingkup Kota Makassar di Kantor Balaikota, Rabu, 19 Juni 2024.

Ia memaparkan, predikat ini sekaligus menepis image Makassar sebagai kota demo dan image lainnya yang mana tidak terbukti.

Pun makin membenarkan survei bahwa Happiness Indeks Makassar mencapai 82,9 persen.
“Artinya ini terbukti secara dunia,” ucap Danny.

Indeks kota terbahagia itu dihitung berdasarkan beberapa indikator, seperti City 207,1, Government 225,8, Economy 322,9, Enviroment, 230,6, dan Mobility 244,3.

Dari semua total nilai itu, kota dengan julukan Anging Mammiri ini memperoleh skor 1230,7. (*)

News Feed