English English Indonesian Indonesian
oleh

Terminal Baru Bandara Hasanuddin Segera Dibuka, meski Mulur dari Jadwal

MAROS, FAJAR — Terminal baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros akan segera dibuka. Administrasinya sedang dalam pengurusan.

RENCANANYA, pengoperasian perdana berlangsung hari ini, Rabu, 19 Juni. Hanya saja, tertunda. Alasannya, kesiapan administrasi yang diperlukan untuk operasional terminal baru masih dalam proses.

“Kami menginformasikan bahwa operasional Terminal Baru Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang rencananya berlangsung pada Rabu, 19 Juni 2024, pukul 00.00 Wita, ditunda,” ujar Hal itu diungkapkan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggus Gandeguai, Selasa, 18 Juni.

Pada dasarnya, secara fisik bangunan maupun fasilitas terminal baru bandara, siap beroperasi. Di antaranya area check in, pemeriksaan boarding pass, pemeriksaan keamanan, dan akses menuju ruang tunggu atau boarding lounge.

“Dokumen administrasi untuk mengoperasikan terminal baru secara minimal fasilitas akan segera kami berikan kepada regulator atau pemangku terkait. Kami berharap dokumen administrasi dapat segera selesai sehingga terminal baru dengan minimal fasilitas dapat beroperasi untuk peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandara,” harapnya.

Jika terminal baru ini beroperasi, akan ada beberapa perubahan akses dan alur kendaraan-penumpang. Kendaraan roda dan empat yang menurunkan penumpang berubah. Begitu pula, alur kendaraan roda empat yang parkir, alur kendaraan roda dua, serta alur penumpang transfer.

Akses masuk ke area check in dan pemeriksaan juga akan mengalami perubahan dari akses sebelumnya.
Bahkan, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah melakukan sosialisasi dan familiarisasi kepada stakeholder bandara, seperti Otoritas Wilayah V Makassar, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar, maskapai, dan groundhandling.

News Feed