English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiap Musim Haji, Toko Arab Ini Diserbu Jemaah dari Kawasan Timur Indonesia

FAJAR, MAKKAH- Jemaah haji Indonesia asal Sulawesi Selatan hingga daerah lainnya di Kawasan Timur Indonesia ramai-ramai mendatangi toko yang ada disekitar hotelnya di Kota Makkah untuk berbelanja.

Pemilik toko, Muhammad Mirtada mengaku sangat bersyukur setiap musim haji karena tokonya selalu dipadati dengan jemaah haji dari Sulawesi Selatan.

“Setiap tahunnya selalu ramai toko ini dengan jemaah dari Sulawesi Selatan, kami sangat bersyukur mereka berbelanja di tempat kami ini,” paparnya.

Ia dan pegawai toko lainnya pun kerap menawarkan barang di tokonya dengan berbahasa bugis.

“Ayo ini masempo. Masempo. Masempo,” ucapnya.

Bahkan tahun ini, ia membuka dua toko hanya untuk melayani jemaah haji asal Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia yang ingin membeli buah tangan, tokonya terletak di wilayah Shisha dan toko barunya lagi di lingkungan Al-Ghaslah, untuk kerabatnya di kampung halaman. Seperti sajadah, pakaian khas Arab, aksesoris, perhiasan hingga aksesoris rumah tangga.

“Tahun ini kami tambah toko yang dibuka karena jemaah semakin banyak yang minat untul berbelanja di toko kami dan itu adalah jemaah-jemaah dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat dan daerah lain,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah terlatih dengan menulis kaligrafi untuk sajadah para jemaah yang ingin diukir sesuai dengan namanya.

“Sudah ada juga ahli kaligrafi di toko kami, jadi setiap ada jemaah atau peziarah bisa kami tuliskan dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Arab, dengan kaligrafi yang indah karena sangat berbakat,” imbuhnya.(fit)

News Feed