English English Indonesian Indonesian
oleh

Sambut Lebaran Kurban, Pemuda Salu Paremang Kamanre Gotong Royong Bersihkan Kuburan

FAJAR, LUWU-Pemuda Desa Salu Paremang yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Salu Paremang (Hipsal) melaksanakan bakti sosial dalam bentuk gotong royong menyambut hari raya Kurban. Mereka menyemprot tempat pemakaman umum (TPU) sekaligus melakukan ziarah kubur. Kegiatan ini diikuti oleh para pemuda Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, pada Ahad, 16 Juni.

Ketua Hipsal, Taufiq Hidayat P., mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini dilakukan dalam bentuk menyemprot tempat pemakaman untuk menyambut hari raya Qurban. “Mengingat tradisi masyarakat yang berbondong-bondong berziarah ke pemakaman sanak saudara yang telah meninggal dunia sebelum lebaran,” kata Taufiq. Menurutnya, pemuda Salu Paremang ingin memberikan rasa nyaman kepada para peziarah saat berziarah ke makam keluarganya.

Pemuda Salu Paremang melakukan aktivitas ini karena melihat rumput di tempat pemakaman umum tersebut sudah terlalu tinggi. “Kami dari pemuda Hipsal berinisiatif melakukan gotong royong agar tempat pemakaman ini terlihat bersih, sehingga pengunjung merasa nyaman saat melakukan kunjungan, terutama masyarakat setempat,” paparnya.

Kegiatan kerja bakti ini juga memberikan rasa empati dan semangat gotong royong sejak dini bagi para pemuda, sehingga bisa menjadi contoh ke depan bagi adik-adik di Salu Paremang.

Sementara itu, Jaya, seorang pemuda Salu Paremang, mengatakan bahwa ke depan Pemuda Salu Paremang harus selalu beraktivitas yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat umum. “Kami ingin Pemuda Salu Paremang semakin banyak yang tergerak untuk bersama-sama beraktivitas, menjaga lingkungan sekitar, dan tetap memelihara kebersihan tempat-tempat umum,” jelasnya. (shd/*)

News Feed