English English Indonesian Indonesian
oleh

Tazkiyah dan Annaba Tarwiyah di Mina

FAJAR, ARAFAH-Jemaah Calon Haji (JCH) Tazkiyah Travel melakukan ibadah Tarwiyah di Mina. Mereka bergerak ke Mina sejak Kamis malam dan baru akan bergabung di Arafah pada Sabtu Subuh.
Hal itu disampaikan pimpinan Tazkiyah H Ahmad Yani Fachruddin, Jumat kemarin. Sebagai bagian dari layanan yang diberikan kepada jemaah, pihaknya memfasilitas keinginan jemaah untuk melakulan tarwiyah.

“Setelah tarwiyah selesai, kami akan berangkat ke Arafah Sabtu pagi selepas Subuh dan insya Allah tiba di Arafah kira-kira jam 07.00 Pagi Waktu Arab Saudi,” jelas Ahmad Yani.

Dalam rangka memudahkan jemaah, tas berisi bekal jemaah tidak dibawa serta ke Arafah. Barang-barang jemaah dititip di tenda di Mina karena mereka akan kembali ke Mina selepas melaksanakan ibadah wukuf dan melintas di Muzdalifah.

Menurut Yani, di Arafah mereka akan menempati maktab 555. Terkait kondisi jemaah, Yani mengatakan sehat. Setiap hari tim kesehatan mengontrol kondisi mereka. Tim kesehatan yang mendampingi dr Wachyudi Muchsin, S.Ked, SH, M.Kes. C.Med, menjelaskan bahwa keluhan jemaah seputar sakit flu. “Alhamdulillah keluhannya flu. Semoga semua sehat selalu,” kata Wachyudi.

Wachyudi meminta jemaah menjaga kesehatan jelang dan saat wukuf Arafah dengan mengurangi aktivitas di luar tenda dan rutin minum air putih.

Saat cuaca panas perlu waspadai heat stroke yabg merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Suhu badan meningkat dengan cepat hingga 41° C.

Dokter Yudi menyampaikan agar seluruh pendamping haji menggencarkan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Tujuannya, muncul kesadaran dari jemaah haji bahwa fase Armuzna memerlukan persiapan kesehatan. Aktivitaa saat wukuf Arafah kata dia, membutuhkan 85 persen fisik.

Selain Tazkiyah, 147 jemaah Travel PT Annaba Internasional juga melakukan ibadah Tarwiyah di Mina. Informasi tersebut disampaikan dokter kloternya, dr Muhammad Nur Toaha. Mantan Direktur RS Arifin Nu’mang Sidrap, Sulawesi Selatan ini, jemaahnya dalam keadaan baik.Mereka akan ke Arafah Sabtu subuh waktu Arab Saudi.

Sementara jemaah Travel Radja Wisata memilih langsung menuju Arafah. Kemarin, mereka sudah berada di tenda Arafah. (er)

News Feed