English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Spanyol vs Kroasia: Penuh Aroma Dendam

FAJAR, BERLIN—Bigmatch pertama Piala Eropa 2024 akan tersaji di Olympiastadion, Berlin saat pemilik gelar terbanyak, Spanyol menghadapi Kroasia, malam nanti.  Ada aroma dendam di laga ini dan Spanyol harus waspada.

Persis setahun yang lalu, Spanyol mengubur mimpi Kroasia meraih gelar turnamen mayor pertamanya di final UEFA Nations League 2022/2023. Pada laga itu, Kroasia kalah 4-5 dalam adu penalti setelah imbang 0-0 sepanjang 120 menit.

Dua tahun sebelum duel di Rotterdam tersebut, Spanyol juga membuat Kroasia menangis di Piala Eropa 2020.  Tim Matador mengeliminasi Si Kotak-Kotak dalam duel 120 menit.

Tertinggal 1-3 hingga menjelang waktu normal habis, Luka Modric dan kawan-kawan secara heroik bangkit mengejar ketertinggalan di injury time. Namun, gol Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal di extra time membuat Kroasia menyerah.

Kekalahan-kekalahan itu jelas sangat menyakitkan bagi Kroasia yang berharap bisa merasakan sensasi podium juara. Dan sakit hati itu akan coba mereka balas di laga pembuka Grup B yang hampir dipastikan menjadi kunci tiket ke babak 16 besar.

“Spanyol mengalahkan kami melalui adu penalti di final Nations League, dan juga 5-3 secara spektakuler di EURO terakhir. Kami punya pengalaman bermain melawan mereka; kami tahu apa yang harus dilakukan, jadi kami akan mencoba mengalahkan mereka kali ini karena kami ingin awal yang baik di EURO,” tegas Pelatih Kroasia, Zlatko Dalić di situs UEFA.

Dalic yang memimpin Kroasia melenggang ke babak semifinal dalam dua edisi terakhir Piala Dunia menegaskan, kemenangan mereka butuhkan agar bisa menjaga peluang di grup neraka ini.

News Feed