English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Hongaria vs Swiss: Bentrok Selevel

FAJAR, COLOGNE—Hongaria dan Swiss akan memulai kampanye Piala Eropa 2024 mereka di Grup A, malam nanti. Mereka musuh lama dan sama-sama siap berduel di Cologne Stadium.

Ini akan menjadi pertemuan pertama mereka di turnamen besar sejak Piala Dunia 1938. Saat itu, Hongaria menang 2-0 di babak delapan besar yang berlangsung di Stade Victor Boucquey, Lille.

Kedua negara total sudah bertemu 46 kali. Hongaria yang di masa lalu merupakan salah satu raksasa dunia mendominasi head to head dengan 30 kemenangan berbanding 11 keunggulan Swiss.

Akan tetapi, statistik itu tidak bisa lagi menjadi alasan Hongaria untuk terlalu percaya diri. Pasalnya, di tiga pertemuan terakhir, mereka menderita kekalahan.

Dua pertemuan terakhir mereka terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Swiss kala itu menang 3-2 di Hongaria sebelum menggasak lawannya dengan skor 5-3 di kandang.

Melihat perjalanan mereka ke Jerman dan komposisi pemain kedua negara saat ini, pertandingan di Cologne malam nanti akan menjadi pertandingan yang berimbang. Makanya, kedua kubu sama-sama menunjukkan respek..

“Swiss telah mencapai hasil luar biasa di bawah asuhan Murat Yakin. Mereka memiliki pemain-pemain top di seluruh tim, yang bermain di liga-liga hebat atau tim-tim papan atas. Dalam hal kualitas, mereka lebih baik dari kami jadi mereka jelas merupakan tim yang harus diwaspadai,” kata Pelatih Hongaria, Marco Rossi di situs UEFA.

Meski begitu, Rossi menegaskan mereka sama sekali tidak gentar. “Kami tidak takut dengan tantangan, kami percaya diri dan tahu bahwa kami punya kesempatan untuk menang melawan lawan mana pun,” tegasnya.

News Feed