English English Indonesian Indonesian
oleh

Pinrang Mulai Perbaiki Jalan Rusak

PINRANG, FAJAR — Pemkab Pinrang mencatat panjang jalan dengan kondisi mantap sebanyak 67,72 persen.

Rinciannya, jalan yang dengan kondisi rusak berat 90,03 kilometer. Jalan kondisi rusak ringan 112 kilometer, dan jalan dengan kondisi yang baik 354 kilometer.

Pemkab Pinrang melalui Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (Bima Cipta) akan mengerjakan beberapa ruas jalan, seperti Jl Briptu Suherman, Jl Alitta Kampung Baru, Jl Cempa 1, Jl Cempa 2, dan Jl Musang.

Untuk sekarang, Jl Jampue sudah dalam pengerjaan dengan nilai kontrak Rp7 miliar, dan Jl Malimpung Padalloang telah selesai tender dengan nilai kontrak Rp1,7 miliar.

Selain itu, Pemkab Pinrang juga mendapatkan dana bantuan perbaikan jalan dari Pemprov Sulsel. Bantuan tersebut untuk pengerjaan Jl Cempa-Sikkuala yang akan dikerjakan pada Juli mendatang.
Anggaran pekerjaan jalan ini senilai Rp7 miliar dengan panjang jalan 2,5 kilometer.

Kepala Dinas Bina Cipta Pinrang Awaluddin menjelaskan walaupun dana kurang, pihaknya tetap mengupayakan melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalanan.

“Saat ini Pemkab Pinrang memiliki kewenangan dengan 692 kilometer. Dengan kondis mantap 63.3 persen bisa dilalui dengan kendaraan 40 kilometer per jam kondisi baik dan sedang,” jelasnya, kemarin.

Selain perbaikan jalan, Pemkab Pinrang juga melakukan perbaikan terhadap jembatan yang sudah mengalami kerusakan dan sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Jembatan tersebut merupakan Jembatan Kayu Libukang Kecamatan Batulappa.

Pihaknya telah meninjau lokasi untuk melakukan penanganan di jembatan tersebut. “Pengerjaan jembatan tersebut sudah masuk proses persiapan pelaksanaan dan sudah dianggarkan,” katanya.

News Feed