English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Umum Prodi Pertambangan Unibos, Hadirkan Associate Professor Mcgill University

FAJAR, MAKASSAR- Fakultas Teknik (FT) Universitas Bosowa (Unibos) selenggarakan Kuliah Umum bersama McGill University, dengan menghadirkan Prof. Agus P. Sasmito, Ph.D selaku Associate Professor McGill Department of Mining and Industry & Material Engineering.

Kuliah umum bertajuk “Hilirisasi Sektor Pertambangan di Indonesia”. Membahas seputar isu Industri Pertambangan dan Material di Indonesia bersama mahasiswa yang berlangsung di Balai Sidang 45, Jumat, 14 Juni 2024.

Dihadiri oleh Ketua Yayaysan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat, Wakil Rektor IV Unibos, Dr. Ir. Agus Salim, S.T., M.T., Dekan FT Unibos, Dr. H. Nasrullah, S.T., M.T., serta mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan sebagai peserta.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Agus Salim, S.T., M.T., selaku Wakil Rektor IV Unibos mengungkapkan gagasan awal dari dilaksanakannya kuliah umum yang membahas terkait industry pertambangan ini.

“Hilirisasi sektor pertambangan saat ini menjadi sesuatu yang hangat dibicarakan di Indonesia, dengan melihat beberapa kontradiksi antar faktornya seperti pemanfaatan sektor pertambangan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan aspek lingkungan yang selalu menjadi bagian yang melimitasi perkembangan sektor pertambangan. Dengan itu, dibutuhkan diskusi dan dialektika panjang sebagai solusi dari permasalahan ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Prof. Agus P. Sasmito, Ph.D. selaku speaker pada kuliah umum ini turut menuturkan pandangannya atas potensi pertambangan yang ada di Indonesia.

“Setelah melihat potensi pertambangan di Indonesia yang luar biasa kaya ini, saya ingin berbagi dengan teman-teman di Unibos sekalian agar bagaimana kita bisa mendiskusikan how we can solve the problem in our mining and materials,” ujarnya.

News Feed