English English Indonesian Indonesian
oleh

Aulia Berhaji Bersama Lima Saudara

FAJAR, MAKKAH-AULA Mukarramah, 23 tahun mengaku sangat bahagia. Dia ke tanah suci Makkah bersama lima orang saudaranya.

Aula bercerita bahwa dia didaftarkan berhaji oleh ayahnya saat masih berusia 11 tahun. Saat ini dia berusia 23 tahun.

“Alhamdulillah akhirnya, doa orangtua kami terkabul. Saya juga merasa  senang sekali karena di usia muda saya bisa ke tanah Smsuci, semua berkat almarhum abi mengumpulkan biaya haji untuk kami,” ungkapnya sambil mengenang ayahnya yang telah berpulang tahun 2018 lalu.

Aula berkisah bahwa ia dan kelima kakaknya didaftarkan haji tahun 2011. Waktu itu belum ada aturan usia minimal mendaftar haji. Bahkan ada adiknya didaftar berhaji saat masih berusia 3 bulan. “Ada Adik saya masih daftar tunggu,” jelas Aula kepada Media Centre Haji (MCH) Madinah, Jumat sore Waktu Arab Saudi (WAS).

Menurutnya, ia bahagia  sekaligus merasa sangat bersyukur dengan nikmatnya  berhaji di saat muda sekarang, ditambah saat melihat jemaah lain yg harus menunggu cukup lama dan lansia (lanjut usia), “Bersyukur sekali dengan nikmat yang kami terima, punya orangtua yang sangat bertanggungjawab  dalam menanamkan agama pada anaknya. Semoga Allah mudahkan kami semua  istiqomah dalam ketaatan, juga selalu menjaga amanah abi untuk selalu hidup rukun bersama saudara. Insyaallah  doa doa kami selalu untuk abi,” tutur guru Madrasah Ibtidaiyah ini.

Ia menuturkan, saat wukuf banyak doa yang dipanjatkan, salah satunya ia akan berdoa untuk pasangan hidup yang terbaik untuknya. Ia juga akan mendoakan Ibunda tercintanya agar selalu  diberikan kesehatan. (er)

News Feed