English English Indonesian Indonesian
oleh

Krisis Meningkat di Gaza, PMI Lanjutkan Layanan Kesehatan di Khan Younis

Selain layanan kesehatan keliling, PMI pada tahap awal operasi kemanusiaannya juga telah memberikan bantuan obat-obatan untuk klinik di El Arish (perbatasan Mesir dengan Gaza), peralatan kesehatan, dan sanitasi pribadi untuk pasien dan anggota keluarganya yang dirawat di rumah sakit, serta peralatan CT Scan untuk mendukung layanan medis di rumah sakit Palestina.

Menurut WHO, serangan udara dan kurangnya pasokan medis, makanan, air, dan bahan bakar telah menguras sistem kesehatan di Jalur Gaza yang sudah kekurangan sumber daya. Rumah sakit beroperasi jauh melampaui kapasitasnya karena meningkatnya jumlah pasien serta pengungsi sipil yang mencari perlindungan. Penyediaan layanan kesehatan penting – mulai dari perawatan ibu dan bayi baru lahir hingga pengobatan penyakit kronis – sangat terkendala.

Serangan terhadap fasilitas kesehatan masih terus terjadi di Israel dan wilayah Palestina yang diduduki, termasuk menelan korban jiwa dan melukai petugas kesehatan dan pasien, serta merusak fasilitas kesehatan dan ambulans. Kasus kesehatan yang banyak dijumpai di tempat-tempat layanan kesehatan antara lain malnutrisi, infeksi saluran pernapasan atas, diare, kudis, kutu kulit, ruam-ruam kulit, cacar air, dan sindroma penyakit kuning. (*)

News Feed