English English Indonesian Indonesian
oleh

Krisis Meningkat di Gaza, PMI Lanjutkan Layanan Kesehatan di Khan Younis

Salah satu donor dari Indonesia, Lifebuoy, selama puluhan tahun berkomitmen untuk mencegah penyebaran kuman dan menyelamatkan nyawa melalui berbagai aksi kemanusiaan di berbagai belahan dunia, bekerja sama dengan organisasi lokal maupun internasional.

Kepala Markas Pusat Palang Merah Indonesia, Arifin Muh Hadi, yang saat ini berada di Kairo untuk memimpin langsung misi kemanusiaan PMI di Gaza, menjelaskan bahwa layanan kesehatan keliling PMI ini diadakan untuk menjawab terhentinya layanan dari sebagian besar rumah sakit akibat kerusakan struktur dan infrastruktur. Pasien dengan kasus berat tidak bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan karena keterbatasan transportasi dan ambulans serta terhentinya operasional rumah sakit dan klinik darurat terdekat.

“Kegiatan layanan kesehatan keliling PMI ini awalnya dilaksanakan di Kamp Pengungsian Rafah, namun karena situasi keamanan tidak memungkinkan akibat serangan beberapa waktu lalu, layanan tersebut dipindahkan ke Kamp Penampungan di Khan Younis. Banyak warga yang sakit dan terluka harus bertahan hidup di tenda-tenda darurat dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Padahal, mereka yang sakit dan terluka parah seharusnya mendapatkan penanganan dengan fasilitas medis standar di rumah sakit,” jelas Arifin.

Terhentinya layanan kesehatan di rumah sakit disebabkan oleh hancurnya bangunan rumah sakit dan peralatannya, serta semakin terbatasnya tim medis karena banyak di antara mereka menjadi korban serangan. Layanan kesehatan keliling PMI di lapangan juga menghadapi kendala, termasuk keterbatasan obat-obatan dan tidak bekerjanya sistem rujukan pasien.

News Feed