English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Puncak Haji, 112 Jemaah Indonesia Meninggal Dunia

FAJAR, MAKKAH—Jumlah Jemaah haji Indonesia yang wafat hingga Jumat hari ini sudah 112 orang.

Rinciannya, jemaah  yang wafat di Makkah sebanyak 82 orang. Sementara di Madinah tercatat ada 18 jemaah Indonesia yang meninggal dunia.

Dua belas jemaah wafat di embarkasi dan bandara. Rinciannya, sembilan orang meninggal embarkasi dan dan tiga orang di bandara.

Hari ini, seluruh jemaah haji Indonesia diberangkatkan ke Arafah. Sejak pukul 06.00 waktu setempat, secara bergelombang, jemaah dimobilisasi ke Arafah dari hotel tempat mereka menginap dengan bus-bus yang telah disiapkan.

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengatakan, selama di Arafah, jemaah diharapkan bisa menjaga kesehatan dan kebugaran.

“Jangan memaksakan diri ke Jabal Rahmah dan/atau memaksakan wukuf di luar tenda, karena berpotensi dehidrasi dan kelelahan,” katanya dikutip dari situs Kemenag.

Ia juga menegaskan bahwa  jemaah haji diimbau tidak merokok di semua kawasan Arafah, terlebih lagi di dalam tenda. Alasannya, dapat mengganggu jemaah lain, dapat mengurangi kekhusyuan ibadah, serta dapat membahayakan diri dan lingkungan.

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1445 H bertepatan dengan 1 Juni 2024 M. Karenanya, wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1445 H jatuh pada 15 Juni 2024 M. (amr)

News Feed