English English Indonesian Indonesian
oleh

DPR Tantang Plt OIKN Gaet Investor dan Percepat Pembangunan IKN

FAJAR, JAKARTA—Anggota Komisi II DPR RI Ongku Hasibuan menanggapi keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR BPN Raja Juli Antoni sebagai Pelaksana Tugas Kepala dan Wakil Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara.

Ongku Hasibuan meminta keduanya menuntaskan permasalahan lahan serta menggaet para investor untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Baru tersebut.

Ia menegaskan, pengunduran diri tiba-tiba Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe dapat menambah deretan permasalahan di IKN.

Menurut Ongku, segudang masalah mulai dari pendanaan, pengadaan lahan, hingga mekanisme pemeliharaan aset telah menjadi temuan BPK.

”Bahwa permasalahan IKN akan selesai dalam kurun waktu yang singkat, saya tidak yakin. Karena permasalahannya itu kan sangat kompleks ya,” kata Ongku pada Parlementaria di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, beberapa waktu yang lalu dikutip dari dpr.go.id, Jumat (14/6/2024).

“Banyak masalah, masalah tanah juga masih banyak persoalan, masalah kurang datangnya investor tentu juga tidak bisa berdiri sendiri, tentunya itu ada saling terkait dengan berbagai aspek. Ya mungkin aspek legislasi, aspek regulasi, juga tentu aspek kemudahan akses dan sebagainya. Itu semua juga tentu akan menjadi pertimbangan bagi para investor,” lanjutnya.

Pengunduran Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe tegas dia dapat berdampak terhadap proses pembangunan, khususnya menurunkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di IKN.

News Feed