English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Garap Pengemasan Wisata Marine Heritage Trail bersama HPI Selayar

FAJAR, SELAYAR-Wisata Marine Heritage Trail menjadi salah satu tematik wisata minat khusus yang jarang ditemui di dunia. Selayar memiliki potensi besar untuk mengembangkan tematik ini.

Sejarah Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai rute perdagangan internasional memberi keuntungan yang tidak semua kepulauan miliki, yaitu benda muatan kapal tenggelam yang dapat diakses oleh wisatawan minat khusus.

Dengan judul proposal pengabdian masyarakat “PK-M Kelompok Usaha Paket Wisata Lokal: Pendampingan Pengemasan Rute Wisata Marine Heritage Trail sebagai Peningkatan Kualitas Produk Paket Wisata Selayar”, Aqilah Nurul Khaerani Latif, sebagai ketua, melihat potensi besar dari warisan budaya bawah air (marine heritage) yang berada di Selayar.

“Jika dilihat dari pasarnya, Marine Heritage Trail berpotensi untuk dijual ke wisatawan,” ujarnya.

Menurutnya, potensi pariwisata ini memiliki keunggulan. Pertama, pasar wisatawan penyelam di Selayar berasal dari Eropa dan umumnya mereka menyenangi eksplorasi alam dan budaya. Kedua, beberapa titik penyelaman marine heritage dapat dijangkau pada waktu-waktu tertentu. Ketiga, eratnya kolaborasi antar pelaku usaha selam membuat paket tematik tersebut memungkinkan untuk dijual. “Hanya saja, dibutuhkan perizinan dari beberapa instansi untuk menjual paket tersebut,” jelas Aqilah, yang juga merupakan dosen pariwisata Unhas, pada kegiatan FGD Pendampingan Pengemasan Rute Wisata Marine Heritage Trail sebagai Peningkatan Kualitas Produk Paket Wisata Selayar di Kampus Unhas Selayar, Selasa, 11 Juni 2024.

News Feed