English English Indonesian Indonesian
oleh

PLN Bangun PLTS, Warga Pulau Tanamalala Kini Nikmati Listrik

Saat ini, persentase bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) telah mencapai 45,78 persen, jauh di atas target rata-rata nasional yaitu 23 persen pada tahun 2025.

Bupati Selayar H Muh Basli Ali dalam sambutannya berterima kasih kepada PLN. Dia tidak pernah bermimpi akan hadir listrik di Tanamala yang menerangi warga 24 jam.

“Mewakil masyarakat saya mengucapkan terima kasih atas perhatian PLN kepada masyarakat Selayar,” kata Baslu Ali saat membawakan sambutan.

Lewat aliran listrik PLN ini, Basli Ali berharap bisa meningkatkan ekonomi warga, taraf hidup bisa makin meningkat.

“Sisa kita syukuri nikmat yang kita dapat ini, membantu PLN merawat. Kalau bisa jangan mengambil langkah sendiri kalau ada permasalahan,” katanya.

Kepala PLN UP3 Bulukumba yang menaungi Selayar, Agus Priyanto menyampaikan, PLTS ini berdiri di atas tanah seluas 4.000 meter dengan komponen utamanya panel surya, inverter, dan sistem penyimpanan energi.

“Penyalaan perdana akan melayani sebanyak 126 pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA, namun segera akan kita sambungkan ke seluruh rumah warga sebanyak 200 KK lebih,” kata Agus. (akb/zuk)

News Feed