English English Indonesian Indonesian
oleh

Alumni Unibos Dibekali Skill dan Penguasaan Teknologi

FAJAR, MAKASSAR— Universitas Bosowa (Unibos) Makassar optimis jika para alumninya bisa bersaing di dunia kerja. Sebab, mereka sudah dibekali selama ini, baik penguatan skill maupun penguasaan teknologi.

Hal tersebut diungkap Rektor Unibos Makassar, Prof Batara Surya di hadapan para wisudawan yan berlangsung di Balai Sidang 45 Bosowa, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu, 12 Juni 2024. Pada wisuda ke-65 periode 1 tahun akademik 2023/2024, ada 469 lulusan.

Prof Batara Surya menjelaskan jika para lulusan telah dibekali penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Antara lain dibekali dengan skill sesuai bidangnya. Tak hanya itu, lulusan juga telah melakukan penguasaan teknologi untuk menghadapi pasar kerja.

“Sekarang kita implementasi penjabaran industri 4.0 dan bagaimana kemudian society di 5.0, jadi pembekalan anak-anak sekarang lebih ke arah penguatan kompetensi SDM-nya,” ucapnya.

Menurutnya, segala komponen tersebut sengaja ditanamkan agar para lulusan bisa berkompetisi. Sebab, Indonesia akan mengadapi bonus demograsi yang berdampak pada kompetisi tenaga kerja yang cukup ketat nantinya.

Prof Batara Surya menilai jika usia produktif nanti tinggi sekali di Indonesia. Pada posisi ini, Unibos sudah menyiapkan untuk itu. Sehingga semua yang diwisuda mempunyai kemampuan lebih.

“Lulusan Unibos punya skill yang cukup dan dasar ilmu pengetahuan, termasuk penguasaan teknologi. Sehingga, lulusan mampu bersaing dengan alumni mana pun,” tuturnya.

Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat mengatakan momentum wisuda diibaratkan sebagai sebuah anak tangga dari sebuah perjalanan kesuksesan. Menurutnya, kesuksesan bukanlah sesuatu yang harus dilewati melalui elevator atau pun lift.

News Feed