English English Indonesian Indonesian
oleh

Presiden Umumkan Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Negara Jakarta

FAJAR,  JAKARTA—Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 mendatang akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan upacara, akan digelar di dua tempat berbeda, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Jakarta.

Jokowi menyampaikan hal itu usai melakukan peninjauan ke Posyandu Terintegrasi RW 02 Cipete Utara, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (11/6/2024), sebagaimana  dilansir setkab.go.id dan infopublik.id.

Menurut Jokowi, sekarang masa transisi menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara maka Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI akan dilakukan di dua tempat yaitu di IKN Nusantara dan di Istana Negara Jakarta.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan jika sudah ada keputusan dari Presiden yang baru, upacara akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara tahun depan.

“Nah, tahun depan kalau sudah ada keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi transportasi, akomodasi itu tidak mudah, ya,” jelasnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy sebelumnya mengungkap skema perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus yang akan digelar di Istana Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Muhadjir menyebutkan upacara di IKN akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

News Feed