English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Sudah Punya 521 Profesor

Sekadar diketahui, dalam pengukuhannya Prof Yusnita Rifai menyampaikan Orasi bertajuk ‘’Membangun Kemandirian Nasional Bahan Baku Obat Sintetik’’. Kemudian, Prof Yulia Yusrini Djabir menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Peran Pemodelan Hewan dalam Pencarian Kandidat Terapi untuk Mengurangi Toksisitas Hepatorenal Akibat Obat : Limitasi dan Arah Pengembangan”.

Prof Firzan Nainu tampil sebagai orator ketiga dengan penelitian berjudul “Lalat Buah Drosophila Melanogaster sebagai Organisme Model dalam Drug Discovery dan Drug Repurposing : Potensi dan Tantangan Translasinya dalam Pengobatan”. Penelitian farmasi Prof Firzan fokus pada penemuan obat (drug discovery) dan penggunaan kembali obat (drug repurposing) yang memainkan peran krusial dalam meningkatkan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

Terakhir, orasi ilmiah dari Prof Andi Dian Permana yang membahas “Microneedle Delivery System sebagai Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Efikasi dan Kualitas Penghantaran Obat”. Secara umum, kata Prof Andi Dian, sistem ini melibatkan penggunaan jarum mikro yang sangat kecil untuk menembus lapisan kulit terluar. Uniknya, proses ini tidak menyebabkan rasa sakit, memberikan celah bagi senyawa obat untuk masuk ke dalam aliran darah dengan lebih efektif. (*/lin)

News Feed