English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Kukuhkan Empat Guru Besar Farmasi

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mengukuhkan empat guru besar Fak. Farmasi melalui Rapat Paripurna Senat Akademik Terbatas, Selasa (11/06), di Ruang Senat Akademik, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea. Mereka yang dikukuhkan Prof. Yusnita Rifai guru besar ke 518 dalam bidang Sintesis Obat, Prof Yulia Yusrini Djabir guru besar ke 519 dalam bidang Farmasi Klinik dan Farmakologi, Prof. Firzan Nainu guru besar ke 520 dalam bidang Ilmu Farmakologi, dan Prof. Andi Dian Permana guru besar ke 521 dalam bidang Penghantaran Obat.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam pidato sambutannya menyampaikan selamat atas penambahan guru besar pada Fakultas Farmasi. “Pengukuhan tersebut sebagai pencapaian dan kebanggaan sekaligus menunjukkan peningkatan kapasitas dan kualitas pembelajaran. Diperlukan komitmen untuk mendorong pengembangan Unhas dalam berbagai sektor,’’ tegas Jamal.

Rektor berharap para sivitas akademika Unhas bisa bersatu membangun kolaborasi untuk membangun Unhas, salah satunya dalam mendorong kapasitas Unhas dalam perangkingan global.

“Diharapkan penambahan guru besar menjadi motivasi dan pembuktian bagi Unhas sebagai salah satu kampus terbaik dalam proses akademik. Diharapkan pula para Guru besar Unhas dapat menghasilkan karya terbaik pada bidang keilmuan masing-masing untuk berkontribusi bagi peningkatan kualitas,” ungkap Prof JJ demikian sapaan akrab ahli Ekologi Terumbu Karang itu.

Orasi Ilmiah Guru Besar

Prof Yusnita Rifai

Orasi Ilmiah pertama disampaikan Prof Yusnita Rifai yang mengangkat tema “Membangun Kemandirian Nasional Bahan Baku Obat Sintetik’’. Menurut Yusnita, efisiensi industri farmasi memproduksi obat berbasis bahan baku lokal sangat rendah. “Di Tengah biodiversitas hayati dan laut Indonesia yang berpeluang sebagai bahan baku obat, justru impor bahan baku luar menguasai 96% pasar domestik,’’ kata Yusnita.

Menurutnya, faktor penyebab di antaranya terlalu beragam jenis obat yang beredar di Indonesia dan ketidakekonomian bahan baku obat jika diproduksi dalam skala massal.

“Ketergantungan pada bahan baku impor obat merupakan bentuk ketidakberdayaan yang harus diatasi berbagai pihak. Salah satu cara menekan angka impor adalah dengan mendorong pemanfaatan bahan baku sintetik yang diisolasi dari keberagaman bahan alam lokal Indonesia. Penghitungan nilai TKDN produk farmasi yang berdasarkan pada processed-based, dilakukan dengan pembobotan terhadap kandungan bahan baku Active Pharmaceuticals Ingredients sebesar 50%, proses penelitian dan pengembangan sebesar 30%, proses produksi sebesar 15% serta proses pengemasan sebesar 5%,” jelas alumni Flinders University, Australia itu.

Prof Yulia Yusrini Djabir

Orasi kedua disampaikan Prof Yulia tentang “Peran Pemodelan Hewan dalam Pencarian Kandidat Terapi untuk Mengurangi Toksisitas Hepatorenal Akibat Obat : Limitasi dan Arah Pengembangan”.

Prof Yulia menjelaskan kerusakan hati akibat obat atau lebih dikenal dengan Drug Induced Liver Injury (DILI), masih menjadi tantangan dalam praktik klinik. Pada pasien dengan kondisi tertentu, DILI merupakan penyebab utama kasus gagal hati akut dengan tingkat kematian hingga 50%.

Prof. Yulia meyakini proses drug development atau pengembangan obat merupakan proses panjang dan berkesinambungan yang didasari oleh ilmu pengetahuan dan penelitian yang intensif dan tidak jarang berbiaya mahal. Penggunaan pemodelan hewan menjadi media untuk memahami sepenuhnya dampak interaksi antara kandidat obat dengan sistem biologis yang kompleks. Model hewan uji praklinis yang tepat dapat menjadi titik tolak tingkat keberhasilan uji klinis, termasuk toksisitas, efikasi dan efek samping penggunaannya.

“Namun perlu diperhatikan bahwa riset farmakologis yang menggunakan hewan model mamalia yang dibatasi oleh Undang-Undang Kesejahteraan Hewan yang bertujuan untuk mengurangi penderitaan hewan dengan mengintegrasikan reuse, reduce, dan recycle (3R). Terlepas dari modernisasi metode penelitian praklinis, hanya sebagian kecil yang dapat ditranslasikan secara klinis pada manusia,” tegas peraih Loreal Unesco ini.

Prof Firzan Nainu

Prof Firzan tampil sebagai orator ketiga dengan penelitian berjudul “Lalat Buah Drosophila Melanogaster sebagai Organisme Model dalam Drug Discovery dan Drug Repurposing : Potensi dan Tantangan Translasinya dalam Pengobatan”. Penelitian farmasi Prof Firzan fokus pada penemuan obat _ (drug discovery)_ dan penggunaan kembali obat (drug repurposing) yang memainkan peran krusial dalam meningkatkan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

Pengampu Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi itu menjelaskan, proses penemuan obat melibatkan serangkaian tahapan kompleks dimulai dari identifikasi senyawa potensial hingga uji klinis pada manusia, sementara pendekatan drug repurposing mempercepat pengembangan obat dengan memanfaatkan kembali obat yang sudah ada untuk indikasi penyakit baru. Keduanya memberikan solusi yang berkelanjutan terhadap tantangan medis yang kompleks dengan menyediakan akses lebih luas terhadap terapi yang efektif dan terjangkau.

Firzan mengakui, lalat buah merupakan salah satu organisme model yang menjanjikan dalam riset farmakologi. Dengan ukuran kecil, siklus hidup yang cepat, dan kemudahan dalam manipulasi genetik, lalat buah telah digunakan secara luas dalam penelitian farmakologi. Meskipun demikian, penggunaan lalat buah juga memiliki tantangan sendiri, seperti keterbatasan dalam mewakili kompleksitas biologi mamalia dan potensi evolusi resistensi terhadap obat obatan.

“Saat ini, berbagai model penyakit infeksi dan non infeksi menggunakan lalat buah telah berhasil dibuat dan dikembangkan. Potensi lalat buah dalam penemuan antimikroba baru, penelitian imunomodulator dan pengujian efek kandidat obat untuk penyakit degeneratif telah mulai dikaji dan dibuktikan secara eksperimental. Lalat buah dapat menjadi platform pengujian in vivo yang efektif dan efisien dalam upaya drug discovery dan drug repurposing,” jelas Prof Firzan.

Lelaki kelahiran 10 Juni 1982 itu meyakini, pendekatan in vivo yang mudah, murah dan cepat, platform lalat buah dapat menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan dalam pengujian obat tahap pra klinis di masa depan. Pada akhirnya, hal ini akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan terapi baru yang lebih efektif dan terjangkau sebagai bagian dari kemandirian nasional dalam bidang kefarmasian dan kesehatan.

Prof Andi Dian Permana

Terakhir, orasi ilmiah dari Prof Andi Dian Permana yang membahas “Microneedle Delivery System sebagai Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Efikasi dan Kualitas Penghantaran Obat”. Secara umum, kata Prof Andi Dian, sistem ini melibatkan penggunaan jarum mikro yang sangat kecil untuk menembus lapisan kulit terluar. Uniknya, proses ini tidak menyebabkan rasa sakit, memberikan celah bagi senyawa obat untuk masuk ke dalam aliran darah dengan lebih efektif.

Berdasarkan penelitiannya, Andi Dian menyimpulkan dengan menggunakan microneedle dapat mengirim obat-obatan dengan lebih presisi, meningkatkan bioavailabilitas obat, dan pada saat yang sama mengurangi resiko efek samping yang tidak diinginkan. Microneedles (MNs) muncul sebagai solusi inovatif. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini, yang terdiri dari jarum berukuran mikro, disusun pada mold patch kecil, dapat mengatasi keterbatasan sediaan konvensional.

“Dengan mempertimbangkan masalah sediaan konvensional, sistem penghantaran obat microneedles dianggap sebagai kombinasi dari beberapa jenis sistem penghantaran. Kelebihan sistem ini terletak pada kemampuannya memungkinkan senyawa hidrofilik dengan molekul tinggi untuk masuk melewati stratum korneum. Sehingga lebih banyak molekul obat dapat meresap ke dalam kulit,” jelas Prof Andi Dian. Menurutnya, secara spesifik, sebagai sistem penghantaran obat yang baru, microneedle memiliki karakteristik untuk dibandingkan dengan penghantaran konvensional lainnya. Sistem ini tidak hanya mampu menghantarkan obat untuk terlokasikan di kulit, tetapi juga mengantarkan obat ke sirkulasi sistemik.

Dengan dikukuhkannya keempat guru besar tersebut, Universitas Hasanuddin telah memiliki 521 profesor. Acara pengukuhan tersebut bisa diakses melalui kanal YouTube Senat Akademik Unhas. (*)

News Feed