English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemkot Parepare Rancang Master Plan Smart City

PAREPARE, FAJAR – Kota Parepare diusulkan menjadi salah satu Daerah yang dianggap mampu dalam menerapkan Smart City.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare kini menggelar Bimbingan Teknis Pertama Penyusunan Master Plan Smart City Kota Parepare 2024 yang digelar di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Selasa 11 Juni 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, Anwar Amir, mengatakan bahwa pihaknya saat ini melakukan pengembangan dan juga membahas terkait rancangan master plan dari Parepare menuju Kota Smart City.

Dimana Pemkot Parepare bersama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah mengesahkan kesepakatan bersama pada 5 Maret 2024 yang lalu.

Anwar Amir menjelaskan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini akan dilakukan sebanyak empat kali proses, yang dimulai pada Juni hingga Oktober 2024. Untuk tahap pertama sendiri pihaknya akan membahas terkait data kuantitatif dan kualitatif serta master plan smart city berdasarkan kepada arah pembangunan dari daerah itu sendiri.

Kepala Dinas Kominfo, Statistika dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Winarno Eka Putra, mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Parepare, sehingga pada 2024 ini memenuhi syarat untuk diajukan sebagai salah satu kota dengan penerapan Smart City.

Winarno Eka Putra, mengatakan, kegiatan smart city ini sendiri pertama kalinya di launching pada 2017 yang lalu, dari 500 lebih pemda tercatat sudah ada 200 yang telah melakukan proses tersebut.

“Dari 500 lebih Pemerintah daerah sudah ada 200 lebih yang telah menjalankan Program smart city tersebut,”katanya.

News Feed