English English Indonesian Indonesian
oleh

Menang 2-0 atas Filipina, Indonesia Lolos ke Putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

FAJAR, JAKARTA—Indonesia memastikan tempat di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menghadapi Filipina di matchday terakhir Grup F, pasukan Shin Tae-yong menang 2-0.

Tampil di hadapan 70 ribu lebih pendukung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia langsung menggempur Filipina sejak awal.

Setelah melewatkan beberapa peluang di menit awal, Indonesia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-32. Tembakan Thom Haye dari luar kotak penalty bersarang di sudut kiri atas gawang Filipina yang dikawal Kevin Ray Mendoza.

 Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Tendangan bebas Nathan Tjoe di sisi kiri disundul dengan baik oleh Rizky Ridho.

Filipina yang bertahan total sejak awal pertandingan mengubah gaya bermain dan tampil lebih menekan. Namun, tidak ada gol yang mampu mereka ciptakan. Karena Indonesia juga tak bisa menambah gol, skor 2-0 menjadi hasil akhir.

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengoleksi poin 10 dan dipastikan finis sebagai runner up. Tim Garuda terpaut lima angka di belakang pemimpin klasemen, Irak dan unggul empat poin di atas tim peringkat ketiga, Vietnam.

Pada putaran ketiga, Indonesia akan bergabung dengan juara grup dan runner up sembilan grup. Ke-18 tim yang lolos dari babak kedua ini akan dibagi menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim.

Nantinya, dua tim teratas dari setiap grup akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat melaju ke putaran keempat. (amr)

News Feed