English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Prancis Teliti Daur Ulang Sampah di Sulsel

*Ikut Internship Internasional
di UMI

FAJAR, MAKASSAR— Dua mahasiswa dari Université Savoie Mont Blanc, Prancis sedang menimba ilmu di dua program studi di UMI Makassar, yakni Teknik Industri dan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Mereka resmi tercatat sebagai mahasiswa UMI per Jumat 7 Juni 2024.

Kedua mahasiswa tersebut mengikuti program Internship International. Salah seorang di antaranya bernama Clement Florian Bastien Guilet mengaku tak sekadar belajar di bangku kuliah. Tetapi, mereka juga mengerjakan proyek riset daur ulang atau pengelolaan limbah di Sulsel.

“Itu yang bakal kami kerjakan selama di UMI,” tuturnya.

Rektor UMI, Prof. Dr. H Sufirman Rahman, SH MH mengungkapkan UMI telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Perancis termasuk Université Savoie Mont Blanc, Prancis. Kerja sama tersebut merupakan ketiga kalinya UMI menerima mahasiswa dari kampus tersebut sejak 2016.

Menurut Prof Sufirman, kerja sama yang telah terjalin antara lain; USMB Prancis, yang telah mengirimkan mahasiswa untuk belajar dan melakukan penelitian di UMI yang juga dibimbing oleh dosen UMI.

Kami selaku Pimpinan UMI menyambut baik. Semoga mereka nyaman berada di UMI. Indonesia dengan Perancis itu memiliki hubungan yang baik dari sejarah apalagi di masa kerajaan,” ungkapnya.

Kepala Kantor Internasional (KUI) UMI Ir. Hj. Setyawaty Yani, MT, IPM., PhD, AseanEng, menjelaskan, kedua mahasiswa program internship international itu akan menjalani masa studi selama kurang lebih dua bulan. Kedua mahasiswa Perancis yang belajar di UMI, mengikuti pendidikan dan penelitian di Fakultas Teknologi Industri UMI pada semester ini.

News Feed