English English Indonesian Indonesian
oleh

Kepada Menag, Jemaah Nyatakan Puas Pelayanan Haji

FAJAR, MAKKAH-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Media Centre Haji (MCH) bercerita bahwa dia bertemu sejumlah jemaah haji Indonesia saat umrah, Senin malam, 10 Juni 2024. Kepada jemaah yang ditemuinya, Yaqut yang akrab disapa Gus Men menyempatkan bertanya kabar dan seputar layanan yang diberikan pemerintah.

“Gimana baik kabarnya? Makanannya selama di sini,” tanya Gus Men kepada dua orang jemaah haji asal Jakarta.

Menurut Gus Men, jemaah mengatakan puas dengan pelayanan konsumsi selama di tanah suci. “Semakin gemuk saya di sini Pak Menteri, makanannya enak,” kata jemaah itu sembari tersenyum.

Mendapat respons positif dari jemaah, Gus Men berpesan agar jemaah benar-benar menjaga fisik dan stamina jelang puncak haji yaitu Wukuf di Arafah.

Sebelum melaksanakan umrah, Menag Yaqut mengikuti acara muktamar di Jeddah. “Semalam saya datang, lalu mengikuti Mukmatar di Jeddah dan malam ini melakukan umrah wajib bertemu banyak jemaah, saya tanya pelayanan hotelnya bagaimana, makannya dan semua menyatakan puas. Mudah mudahan sampai akhir jemaah meraskana kepuasan layanan terbaik pemerintah,” jelas Yaqut.

Gus Men juga memberikan pesan kepada semua jemaah agar menjaga fisik dan stamina untuk persiapan puncak Haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina yang akan dijalani jemaah haji pekan ini. Apalagi menurut Yaqut, suhu di Arab Saudi yang semakin panas. “Saya harap jemaah tetap menjaga staminanya, fisiknya untuk menjalani puncak haji beberapa hari lagi. Suhu makin panas,” pesan Gus Men. Yaqut juga mendoakan agar semua jemaah haji Indonesia sehat dan selamat sampai kembali ke Tanah Air. (er)

News Feed